CATATAN - Lika-Liku Irama Remaja dan.. Hitungan Mantan??

Berawal dari sebuah kata “MANTAN”, akhirnya harus merambat ke segala bentuk cerita yang menghabiskan waktu selama 2 jam pelajaran.. kisah kasih cerita cinta di sekolah memang tak ada akhirnya jika dikupas satu-persatu..

Manis, Pahit, Masam, Gurih, Asin,.. semua rasa itu ada pada dunia Remaja!

Dari mereka aku tahu, bahwa kehidupan para remaja tak sesinkron dan seirama alunan lagu..juga tak semulus jalan tol.. mungkin inilah yang disebut, Masa SMA/SMK adalah masa yang paling indah” bercerita tentang  masa-masa dimana mereka masih labil dengan cerita cinta mereka, mengupas satu persatu mantan yang mereka punya.. ada kesan yang terlihat disana, bahwa mereka terlihat senang dan antusias dengan menceritakan kisah cinta yang dulu pernah singgah dengan sebuah MANTAN!

Bahkan aku yang hanya diam memperhatikan, tak tahu harus memulai dari mana, karena memang aku tak pernah mengenal dengan kata MANTAN!

Aku sama dia cuma dua hari!

“Aku cuma bertahan seminggu, lalu ganti lagi

“Bahkan aku yang lebih lama tigs bulan, namun juga harus kandas!

Apa ini? Bahkan aku tak mengerti tentang hitung-hitungan itu! Jangan sebut aku tak lulus dengan mapel Matematika.. tapi jika masalah seperti ini, bahkan menggunakan segitiga pascal pun tak akan terbaca dipikiranku!

Terkadang menurutku kehidupan remaja itu aneh, ada saatnya kita harus disibukkan dengan tugas yang kita dapat ditempat kita belajar, ada saatnya kita disibukkan dengan pikiran kita masing-masing tentang masa yang menurut kita indah dalam menjalankan kehidupan.. Dan ada saatnya kita harus menangis karena diputuskan oleh pacar yang kita sayangi sehingga akhirnya kita menyebutnya sebagai MANTAN!

Lagi-lagi MANTAN!

Kembali ku terdiam dalam cerita panjang itu! Bukan aku tak mau bicara, namun apa yang harus aku bicarakan ketika aku tidak mempunyai pengalaman-pengalaman yang mereka punya tentang MANTAN.

Aku memang tak punya pengalaman apapun dalam semua topik pembicaraan mereka ini, namun dari cerita mereka aku belajar bahwa dunia remaja tidak akan pernah lepas dari yang namanya Pacaran, Mantan dan Cinta!

Memang ketiganya rasanya sulit dipisahkan dalam dunia remaja.. Layaknya struktur atom yang terdiri dari elektron, proton dan nutron.. Seperti itulah kira-kira gambaran ketiganya dalam dunia remaja.. Lengket tanpa perekat namun membekas!

Antara pacaran, mantan, cinta dan struktur atom

Aku tak pernah merasa iri dengan cerita-cerita mereka, bahkan aku menghargai semua yang mereka ceritakan padaku, menurutku itu merupakan lika-liku kehidupan remaja dalam dunia .... “kasih sayang”... Yang katanya berawal dari cinta monyet, lalu berkembang ke ibunya monyet.. Hingga membesar menjadi Gorilla.. *aiih apasih!*

Kemudian aku angkat bicara,

“Lalu Bagaimana dengan yang namanya cinta pertama?

Jawaban mereka pun bervariasi tantang cinta pertama,

“Menurutku aku masih belum menemukan cinta pertamaku” Jelas salah satu dari mereka

“Iya karena cinta pertama merupakan cinta yang didapat dari orang yang benar-benar sangat kita cintai” Timpal salah satunya lagi

“Cinta pertamaku saat aku masih SD

“Cinta pertamaku saat aku masih TK” Nahlo!

Jadi makin bingung! Ini pokok pembicaraannya udah Gak Jelas banget! Siapa yang mulai? Author! Hiyaaah.
.
Cinta Pertama, berjuta definisi berjuta variasi..

Mereka pun kembali menceritakan kisah mereka satu sama lain tentang cinta pertama mereka, aku hanya menjadi pendengar setia, bahkan aku layaknya angin, yang berhembus namun transparan keberadaannya!

Dunia remaja juga tak pernah lepas dari yang namanya “ingin bebas” entah bebas dalam hal PR/Tugas, Ujian, Larangan, Peraturan yang ketat, bebas melakukan apapun sesuai kinginan mereka, dan sebagainya.. Namun apakah mereka juga tak ingin bebas dari yang namanya Pacaran?

Aku tak ingin munafik, aku pun seperti mereka yang notabenenya adalah remaja yang juga masih labil dalam mengendalikan perasaan dimana kita merasa jenuh dalam sebuah keadaan! Aku juga ingin bebas! namun sesederhana itukah sehingga segalanya bisa terucap dengan sempurna? Entahlah!

Lika-liku dunia remaja memang takkan ada habisnya jika dikupas satu persatu.. Bahkan dunia remaja mungkin lebih berwarna daripada dunia orang dewasa.. Karena dalam dunia remaja kita bisa belajar bagaimana kita menjalani kehidupan dengan variasi disetiap keadaan! Seperti apa ya?? Jawab sendirilah.. Tentu semuanya pernah mejadi REMAJA :D

Remaja, Teenagers, Anak Muda!
Masa indah masa suka duka,
Masa elok dan terolok menjadi warna,
Masa terang cahaya cinta,
Masa Hitungan Mantan Merajalela
Remaja,
Status yang akan lekang oleh waktu,
Namun kisahnya takkan pernah terbunuh,
Lika-likunya pun akan tetap utuh
Dan akan tetap rekat menjadi satu..

(-MLU-)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CATATAN - Keresahan yang Semua Orang Pernah. [Usia 25 nih, Bos!]

PUISI - Puisi Milenial (Zaman Sudah Berubah)

PERJALANAN - Ceritaku dan Waduk Klampis Sampang, Madura, Jawa Timur