KILAS BALIK - Gelap Terang Hati Supporter Timnas Indonesia, Pada Peristiwa 7 Desember


Sebenarnya saya nggak paham mau nulis apa, tiba-tiba saja hati ini tergerak untuk menulis sesuatu.. kita lihat saja kemana arah jari-jari ini akan menari..



Mari lihat, bagaimana jari-jari ini akan menari mengupas hal ini!

Pas banget momennya sekarang mati lampu.. hebat banget nih PLN madamin lampu.. seakan tau aja hati saya juga gelap layaknya lampu padam.. sebenarnya saya nggak tau perasaan saya sekarang.. antara berharap, berdo’a atau mungkin harus menangis...

Mungkin itu yang saat ini dirasakan hampir dari seluruh penduduk Indonesia yang kecewa dengan hasil pertandingan leg ke-2 antara INDONESIA VS VIETNAM yang sebelumnya sudah dilakukan pertandingan leg 1 di Stadion Pakansari Bogor pada 4 Desember lalu dimana TIMNAS INDONESIA   berhasil memetik kemenangan dengan skor 2-1..

Sebenarnya itu juga yang saat ini kami harapkan di leg ke-2 VIETNAM VS TIMNAS yang awalnya Timnas kami unggul 0-1 entah dimenit berapa tadi saya lupa dengan goal dari Stefano Yance Lilipali yang membawa asa dan harapan untuk Pasukan TIMNAS INDONESIA supaya lolos ke babak Final Piala AFF SUZUKI CUP 2016.. Namu apa daya.. ketika kami bersorak-sorai dengan goal ini, 30 menit selanjutnya kami dibuat seakan menangis dengan goal dari Vietnam yang sebelumnya sudah ada insiden dikeluarkannya penjaga gawang Vietnam karena melakukan protes berlebihan, sehingga Vietnam hanya bermain dengan 10 pemain..
Namun apa daya.. asa kami hilang dengan goal itu.. rasanya ingin menangis, tapi saya memang saat ini sudah menangis *hiks-lebaynyaa guee* yah goal itu.. goal dari hasil tendangan bebas yang menyilang sehingga akhirnya bisa menerobos gawang TIMNAS INDONESIA yang sebelumnya sudah dikawal sangat kokoh oleh Kurnia Meiga Hermansyah...

Tapi kami tak berhenti dari itu semua, kami terus berharap dan berdo’a dengan adanya goal yang akhirnya berhasil dicetak oleh Manahati Lestusen di babak pertama perpanjangan waktu lewat titik putih penalti.. Alhamdulillah.. setidaknya TIMNAS INDONESIA masih unggul 1 poin meski dengan skor seri 2-2. Yeaah walaupun saya tidak bisa melihat momen goalnya.. karena mati lampu.. Momen gimana Manahati saat itu terlihat tertekan dan mungkin ada rasa tidak percaya diri.. kenapa saya tau? Karena ada tayangan ulang di babak ke-2 perpanjangan waktu.. Hiihii.. Namun saya acungi jempol dengan ketenangan dan kedewasaan yang ia miiki membuat Timnas kami lebih unggul 1 poin dari Vietnam.. 

Tapi akhirnyaa.. skor dapat bertahan sehingga Timnas kami LOLOS ke Final Piala AFF SUZUKI CUP 2016.. Merah Putih yang dibentangkan di Stadion Hanoi Vietnam membuat kami bangga menjadi bagian didalamnya.. INDONESIA!

Berbanggalah karena menjadi bagian dari INDONESIA!

Alhamdulillah.. karena Allah selalu adil kepada setiap hambanya.. Perasaan saya udah campur aduk banget rasanya.. antara senang, terharu atau bahagia.. namun pastinya yang saat ini saya lakukan hanyalah.. MENANGIS.. jangan nganggep saya cengeng yaa! Sebenarnya saya cuma terharu dan salut aja sama perjuangan TIMNAS INDONESIA.. 

Tapi kalau saya lihat dari leg 1 dan 2 pertandingan Semifinal ini yang akhirnya meloloskan TIMNAS INDONESIA ke Final tak luput dari peran sentral TRIO KECE.. Siapa lagi kalau bukan “Kurnia Meiga, Hansamu Yama dan Manahati Lestusen” .. hayyoo siapa yang setuju sama saya *unjuk-giginya* :D

Gimana saya nggak ngnggep mereka memiliki peran penting? 

Yang pertama, Kurnia Meiga Hermansyah.. Penjaga Gawang asal Klub AREMA ini memang sangat memiliki peran sentral di TIMNAS INDONESIA pada PIALA AFF SUZUKI CUP 2016, ini dibuktikan ia selalu menjadi pilihan Coach Alfred Riedl untuk mengawal Gawang Merah Putih.. Walaupun dia banyak menuai komentar karena penampilannya yang kurang baik di babak kualifikasi.. namun ia membuktikan bahwa ia bisa menjadi lebih baik ketika akhirnya ia bisa mempetahankan secara kokoh gawang Merah Putih terutama di pertandingan leg ke-2 ini.. bahkan ia tk kenal lelah untuk mempertahankan gawang Merah Putih dari gempuran-gempuran pemain Vietnam... Yah walaupun kebobolan 2 goal.. tapi salut lah sama Penjaga Gawang yang satu ini..

Kedua, Hansamu Yama Pranata.. Ciee Center Bek ini balik lagi ke Timnas.. setelah dulu ia mengawal pertahanan Timnas U-19 dibawah asuhan Coach Indra Sjafri akhirnya ia kembali dipercaya di Timnas Senior... Peran Pemain yang satu ini dengan Kelolosan TIMNAS INDONESIA ke final adalah ketika ia mencetak goal pertamanya pada menit-menit awal di pertandingan leg 1 INDONESIA VS VIETNAM.. Walaupun saat itu ia baru dimainkan oleh Coach Alfred Riedl ia berhasil membawa asa dan angin segar untuk TIMNAS INDONESIA dan kami para supporter tentunya.. goal pertamanya berhasil memberi lecutan motivasi untuk punggawa TIMNAS sehingga akhirnya bisa lolos ke Final.. Ciee HANZAMU YAMA :D

Ketiga, Manahati Lastusen.. Pemain yang sudah menjadi aktor ketika di SEA GAMES 2013 yang berhasil membawa TIMNAS INDONESIA menjadi Runner-up ini berhasil menjdi pemain yang memiliki peran sangat sentral terutama di leg 1 dan 2 INDONESIA VS VIETNAM,, Permainannya yang begitu tenang dan dewasa berhasil membuat pertahanan INDONESIA terkawal dengan baik terutama di leg ke-2 ini... bahkan berkali-kali gempuran pemain Vietnam tidak pernah menyusutkan semangat dan ketenangan Manahati Lestusen dalam pertandingan ini.. bahkan berkat ketenangannya ia bisa mencetak goal pertamanya lewat titik putih penalti di leg ke-2 INDONESIA VS VIETNAM seperti yang saya jelaskan diatas tadi.. Sehingga ia berhasil menjadi pahlawan dalam pertandingan ini yang berhasil mengantarkan TIMNAS INDONESIA ke Final PIALA AFF SUZUKI CUP 2016.. 

Trio KECE :D

Uforia supporter, uforia fanatisme..
Gerakan flare, kembang api dan emosi..
Bersatu padu dengan utuh,
Seakan siap mencekam..
Bagi dia yang menantang mereka..
Dewasa, tenang,  penuh ambisi..
Titik putih,
Tersenyum memberi harapan,
Jangan sia-siakan!
Sekali hentakan,
Uforia memudar.. tangis haru menyebar..
Sujud syukur, semua menjadi tolak ukur..
Lolos.. yaah.. Lolos..
Merah Putih kembali dibentangkan
Uforia itu kembali ada,
Bukan untuk mereka.. tapi untuk kita,
Selamat berjuang..
-  Teruntuk Hero-nya leg-2 “Manahati Lestusen” –

(-MLU-)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CATATAN - Keresahan yang Semua Orang Pernah. [Usia 25 nih, Bos!]

PUISI - Puisi Milenial (Zaman Sudah Berubah)

PERJALANAN - Ceritaku dan Waduk Klampis Sampang, Madura, Jawa Timur