CATATAN - Actually, I Can.


Lokasi : Pantai Batu Bengkung, Malang Selatan
Sumber : Dokumen Penulis

Sudah sejauh mana puisi-puisi mu bergema? Melewati batas cakrawala menembus semesta. Aku disini sebagai mula, dan akhir dari semua ini pun aku tak mengetahui nya.

Sekali lagi aku bertanya, sejauh mana puisi-puisi mu bergema? Kamu yang kala itu tak berargumen dengan nilai Ujian Nasional (UN) Bahasa Indonesia  yang jauh dari kata sempurna.

Lalu kamu berandai menjadi seorang jurnalis handal? Hingga, kau mulai jatuh cinta pada dunia "Kimia" dan pemrosesan nya di bidang Industri. Kamu yang tidak tau sampai mana passion mu, kamu yang berjalan "lempeng" dengan segenggam asa untuk mereka, "demi Emak dan Bapak," gumam terus hati nurani mu.

Kamu kembali berandai dan semakin memantapkan diri menjadi seorang Teknik Kimia. Lalu sudah sejauh apa kemampuan mu di bidang itu? Apa motivasi terbesar mu sejauh ini untuk menggeluti bidang itu? Apa pandangan ke depan yang kamu dambakan? Kemudian kamu pun kembali terjun ke dunia Jurnalistik, padahal basic mu adalah seorang Palang Merah Remaja (PMR) kala  berseragam putih abu-abu.

Lalu kemana sekarang pengharapan mu yang sebenarnya? Hidup memang sebuah pilihan, dan kamu tidak pernah tahu pilihan mana yang akan membawa mu ke gerbang untuk meloloskan setiap asa mu. Hal baru masih terbuka lebar, tak ada salahnya jika kamu terus mencoba. Zona nyaman mu belum sepenuhnya terusik, hingga patokan mu sempat tergoyah.

Jaga asa mu, sebenarnya untuk siapa kamu berjuang? Emak Bapak mu? Adikmu yang sebentar lagi hadir ke dunia? Untuk teman-teman mu? Atau untuk dirimu sendiri?

Tata niat, genggam asa. Ini bukan kebetulan, tapi memang sebuah keharusan. Bagaimana Allah SWT membolak-balik kan takdir mu hingga kamu sampai pada titik ini. Bukan karena apa, tetapi karena Dia tahu, dimana tempat terbaik untuk dirimu. 

Untuk mereka yang menyayangimu, berjuanglah selalu.
Malang, September 2018
(-MLU-)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CATATAN - Keresahan yang Semua Orang Pernah. [Usia 25 nih, Bos!]

PUISI - Puisi Milenial (Zaman Sudah Berubah)

PERJALANAN - Ceritaku dan Waduk Klampis Sampang, Madura, Jawa Timur